Warga Mulekan Geruduk Kelurahan Desak Dukuh Perbaiki Kinerja

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tidak puas dengan kinerja dukuh, puluhan warga Dusun Mulekan 2 Kalurahan Tirtosari Kapanewon Kretek Bantul mendatangi kantor lurah setempat, Kamis (21/07/2022). Warga menilai selama menjabat dukuh tiga tahun kerjanya kurang baik sehingga kepentingan warga sejauh ini kerap terbengkelai. Sedang Dukuh Mulekan 2 Tirtosari Kretek Bantul, Retno Patmoko berjanji bersedia memperbaiki kinerja sesuai keinginan warga.

“Yang kita bahas soal kinerja, bukan personal. Kita ingin membangun Mulekan 2 Tirtosari Kretek agar lebih maju dan berkembang,” ujar perwakilan warga, Martinus Edi Swartono.

Edi mengatakan secara ekonomi wilayah Mulekan 2 maju, namun secara sosial tidak karena banyak kegiatan ditengah warga tidak berjalan dengan baik. Misalnya kegiatan gotong royong dan kepemudaan juga perlu ditingkatkan. “Selama dipegang Pak Retno Patmoko kok vakum ya, itu yang saya dengar dan dikeluhkan warga,” ujarnya.

Oleh karena itu, Edi juga minta Kepala Dukuh Mulekan 2 bersikap kesatria. Jika selama ini kurang amanah dalam menjalankan tugas sebagai dukuh mestinya juga memohon maaf kepada warga.

Edi sebagai wakil warga mendesak agar dukuh menulis surat pernyataan menyanggupi keinginan warga. “Semua ini untuk kepentingan warga, agar Mulekan 2 juga bisa maju seperti dusun lainnya,” ujarnya.

Sedang Dukuh Mulekan 2 Tirtosari Kretek Bantul, Retno Patmoko minta maaf jika selama menjabat dukuh ada kekurangan. Selain itu pihaknya juga minta bimbangan dari tokoh dan masyarakat agar kedepan jadi lebih baik.

“Tentu saja saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memaksimalkan kinerja saya untuk masyarakat dan bilamana tidak berhasil, ya tentu saja saya harus menerima regulasi seperti dengan hal itu tadi (mundur),” ujarnya.

Penewu Kretek, Cahya Widada mengatakan pihaknya sudah mengundang lurah terkait surat yang masuk. Sehingga aspirasi warga terkait dengan perbaikan kinerja dukuh segera bisa terpenuhi. (Roy)

BERITA REKOMENDASI