Warga Pilih Sembelih Hewan Kurban di Depot

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dengan adanya penerapan PPKM Darurat saat Idul Adha banyak yang memilih untuk menyerahkan penyembelihan hewan kurbannya di Depot atau lokasi pedagang hewan kurban. Menurut Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (P2KP) Bantul, Yus Warseno Spi MSc, Kamis (22/07/2021), kenaikan jumlah shohibul yang menyembelih hewan kurbannya di Depot sekitar 20 persen. Tetapi karena pemilik Depot kurang persiapan, sehingga menggunakan tempat penyembelihan hanya seadanya dan kurang higienis.

“Karena itu kami dari Tim monitoring penyembelihan hewan kurban memberikan pengarahan untuk pelaksanaan penyembelihan dan pemotongan daging menjadi bersih mendekati higienis, seperti memanfaatkan plastik untuk dasar penempatan daging,” ungkap Yus Warseto.

Sementara jumlah hewan kurban di Bantul sampai hari tasyrik terakhir Kamis (22/07/2021) masih dalam pendataan. Sedangkan hasil pemeriksaan kesehatan daging pada Idul Adha tahun ini jarang sekali, bahkan boleh dikata tidak ada hewan kurban yang sakit atau cacingan.

Sementara Tim Satgas Covid-19 Bantul terdiri petugas gabungan Satpol PP, TNI-Polri dan Kejari Bantul selama masa penyembelihan hewan kurban Idul Adha hingga berakhir hari tasyrik kemarin melalukan patroli kepatuhan PPKM Darurat yang dilanjut dengan PPKM Level IV di Bantul.

Kepala Satpol PP Bantul , Yulius Suharta SSos MSi selaku koordinator penegakan hukum Satgas Covid-19 Bantul mengatakan, selama Idul Adha hingga hari tasyrik terakhir kemarin melakukan monitoring di tempat- tempat penyembelihan hewan kurban untuk memberikan edukasi dan sosialisasi agar tidak terjadi kerumunan yang bisa berdampak penyebaran Covid-19. “Hampir semua tempat penyembelihan kurban sudah mematuhi penerapan PPKM atau protokol kesehatan,” papar Yulius. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI