Warga Rejosari Gelar Merti Dusun

DLINGO, KRJOGJA.com –  Kegiatan merti dusun di Rejosari Desa Terong Kecamatan Dlingo Bantul dijadikan momentum untuk melestarikan seni dan budaya  Jawa ditengah masyarakat,  Rabu (19/6). Selain pentas kesenian, dalam acara itu juga digelar kirab budaya keliling dusun Rejosari, pengajian, pentas kesenian  hingga kenduri. 

Penasihat Panitia Sudirman Alfian SE  didampingi   Ketua Panitia Merti Dusun, Rejosari Riyadi HS  mengatakan, budaya Jawa sebagai aset nasioanal hingga kini terus dilestarikan oleh masyarakat Rejosari  Terong. Budaya Jawa sejauh ini masih sangat relevan  dengan perkembangan zaman sekarang ini. Bahkan oleh masyarakat di wilayahnya kerap dijadikan  pegangan dalam bersikap di masyarakat. 

"Merti dusun ini sangat sarat nilai yang harus diinformasikan kepada generasi muda saat ini, mereka harus tahu karena ini bagian dari upaya membentuk karakter masyarakatm," ujar  Sudirman.  

Selain itu, masyarakat Rejosari juga menggelar kesenian tradisional berupa gembruganatau menyatunya petani  di Rejosari Dlingo. "Mereka petani berkumpul di depan kandang hewan  peternak setalah ada yang menyampaikan pantun dan dibalas dengan sorak  yeee," ujarnya.  

Bupati Bantul Drs H Suharsono mengatakan, tradisi ditengah masyarakat harus dilestarikan. Karena punya nilai -nilai yang perlu diketahui dan dijalankan oleh generasi muda saat ini sebagai modal dalam bermasyarakat. Termasuk minta kepada masyarakat menginventarisasi kebutuhan dan diajukan kepada pemerintah. (Roy)

BERITA REKOMENDASI