Warga Sekitar Bantaran Sungai Dituntut Waspada Bencana

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bantul masih banyak rumah penduduk yang dibangun di atas bantaran sungai. Padahal pendirian bangunan di bantaran sungai tersebut dilarang oleh pemerintah karena sangat berisiko terhadap ancaman bahaya banjir. Kondisi itu harus diwaspadai oleh warga setempat.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Drs Dwi Daryanto MSi peraturan larangan mendirikan bangunan rumah di bantaran sungai sudah lama diberlakukan di Pemkab Bantul. "Tetapi banyak penduduk yang tetap nekat mendirikan bangunan di kawasan bahaya tersebut," katanya.

Upaya penertiban bangunan di bantaran sungai sangat sulit dilakukan. Hal ini karena banyak penduduk yang sudah telanjur dan sengaja mendirikan bangunan di bantaran. "Kondisi tersebut sangat membebani pemerintah. Jika terjadi banjir besar atau banjir bandang yang pasti bisa menerjang bangunan rumah penduduk di bantaran sungai," imbuh Dwi.

Untuk evakuasi penyelamatan penduduk bisa diatasi dengan pengerahan relawan atau petugas. Akan tetapi yang menjadi beban pemerintah apabila penduduk minta dilakukan relokasi. Hal ini karena areal untuk relokasi sangat terbatas, sedangkan jumlah penduduk yang membangun rumah di bantaran sungai cukup banyak, maka pemerintah harus mencari solusinya.

Oleh karena itu dalam upaya pengamanan penduduk, diharapkan adanya kesadaran warga sendiri untuk tidak membangun rumah di bantaran sungai. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI