Warga Singosaren Pukau Bupati Bantul, Ada Apa?

BANTUL, KRJOGJA.com –  Disulapnya saluran irigasi menjadi habitat ribuan ikan di Dusun Singosaren Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Bantul  tidak hanya jadi viral di media sosial. Ada ratusan orang setiap hari berkunjung untuk melihat dari dekat ribuan ikan di saluran irigasi sepanjang 100 meter tersebut.  

Bupati Bantul Drs H Suharsono  tidak mau ketinggalan. Selasa (12/09/2017) didampingi Kepala Diperpautkan Bantul, Ir Pulung Hariyadi MSc dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Bapak Bobot Ariffi'aidin ST MT, Camat Imogiri  Sigit Subroto serta Lurah Wukirsari Bayu Bintoro ‘ngaruhke’  saluran irigasi yang kini dipenuhi ikan itu. Dalam kesempatan itu Suharsono juga memberikan makan ikan disepanjang saluran irigasi itu.

“Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Singosaren Desa Wukirsari Imogiri  yang telah menunjukkan kreativitas yang sangat baik sekali.  Pencapaian masyarakat Singosaren ini bisa dijadikan contoh warga lainnya,”  ujar Suharsono disela kunjungannya.  

Menurut Bupati kondisi ini  sudah sesuai dengan komitmennya menjaga ekosistem air selalu terjaga.  Selain itu juga disampaikan, jika pihaknya sudah melepas ribuan ikan di perairan umum dengan tujuan agar  ekosistem di Sungai di Bantul tetap terjaga. "Perbup terkait dengan larangan menangkap ikan dengan racun atau peledak juga sudah saya buat, itu untuk melindungi ekosistem di perairan,” ujarnya.

Ketua RT 04 Singosaren Asnan Hidayat mengatakan saluran irigasi selebar 1,2 meter itu kini  ada sekitar 10.000, ikan dengan dominasi  jenis nila warga kuning kemasan.  Berada disaluran  irigasi yang berhulu di Sungai Opak kini dipenuhi ribuan ikan.  Gerakan  yang kini jadi viral ini tidak lepas dari andil masyarakat dan kelompok pemuda. "Warga awalnya sangat prihatin melihat sampah di aliran irigasi ini,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI