Warga Suren Resmikan Jalan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Warga pedukuhan Suren Canden Jetis Bantul meresmikan pembangunan jalan lingkar, hibah Prasarana Sarana dan Utlilitas (PSU) DIY, tahun anggaran 2021 aspirasi dari Wakil Ketua DPRD DIY , Suharwanta ST, Minggu (03/10/2021).

Peresmian ditandai dengan pemotongan untai bunga oleh Suharwanta disaksikan jajaran Muspimkap Jetis dan masyarakat Suren, di lokasi pembangunan jalan cor blok sepanjang 340 meter, lebar 3 meter dengan terget dana Rp 200 juta.

Selain bangunan jalan cor blok, dilokasi tersebut juga dibangun bangket dan talut jalan serta sarana irigasi yang dibiayai dengan dana swadaya kas pedukuhan senilai Rp 35 juta dan dana Harian Upah Kerja (HUP) senilai Rp 29 juta. Dana HUP tersebut mestinya sebagai upah kerja bagi tenaga kerja yang terdiri dari warga setempat. Tetapi oleh para pekerja direlakan untuk membeli material guna membuat bangket dan talut jalan.

Suharwanto berpesan kepada warga Suren, agar bangunan jalan cor blok tersebut bisa dirawat baik- baik, karena jalan dusun ini bermanfaat sebagai penunjang sarana pengembangan ekonomi, kelancaran pendidikan. “Tolong bangunan jalan ini. dirawat baik-baik,” harapnya.

Sementara Lurah Canden, H Bejo SH MH Li didampingi Dukuh Suren, R Agus Sudarto mengemukakan, dengan peresmian jalan cor blok pedukuhan Suren ini, sehingga rencana pembangunan pisik di pedukuhan Suren sudah 70 persen dari rencana pembangunan yang dirancang untuk destinasi wisata.

Menurut Bejo , keberadaan jalan dusun di Suren ini , selain bisa untuk pengembangan ekonomi juga untuk perluasan permukiman warga. “Keberadaan jalan ini juga bisa untuk pengembangan permukiman masyarakat,” pungkas Bejo.

Sedangkan Dukuh Suren, R Agus Sudarta mengungkapkan gotong-royong warga Suren untuk mengerjakan pembangunan jalan pedukuhan dilakukan dengan penugasan sesuai jadwal ronda. Bahkan ada yang dikerjakan pada malam hari. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI