Warga Tegaldowo Buka Taman Wisata Tepi Sungai Bedog

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Berbekal kekompakan warga Tegaldowo Desa Bantul dalam membangun desanya, mereka mampu menghadirkan destinasi wisata berupa ‘Taman Tegaldowo Manuggal’ di pinggiran Sungai Bedog atau jembatan gantung Nawacita, yang menghubungkan Desa Bantul dengan Guwosari Pajangan. Objek wisata desa yang didirikan sejak delapan bulan lalu menempati tanah seluas lima hektare milik warga dan kas desa Bantul.

Kini setiap hari, objek wisata tersebut dikunjungi rata-rata 300 orang. Jika hari libur jumlah pengunjung lebih banyak, bisa mencapai 500 orang, terutama kalangan anak-anak.

Lurah Desa Bantul, Supriyadi didampingi Ketua Pokdarwis Taman Tegaldowo Manunggal, Sugiran menjelaskan objek wisata baru ini sebenarnya belum selesai seluruhnya, tapi baru sekitar 40 persen karena di lokasi tersebut akan diperluas dengan Flying fox dan areal uotbound. Tapi taman wisata tersebut sudah dibanjiri pengunjung, walaupun sebagian besar wisatawan lokal.

Baca juga :

Jikustik Siap Ciptakan 14 Lagu Baru Sampai Februari
12 Pemkab Bahas Isu “Green Government” di UMY

Untuk sementara tarif masuk di taman ini Rp 2.000/orang, tapi untuk masuk di tempat permainan harus membayar sendiri. Di taman wisata ini pengunjung juga disediakan motor ATV untuk berkeliling di areal taman.

Menurut Supriyadi, dibangunnya Taman Tegaldowo bermula adanya jembatan gantung Nawacita yang setiap hari menarik warga yang melintas, untuk tempat foto selfi. Kemudian warga Tegaldowo berinisiatif merintis membangun taman. Karena tanah area wisata milik warga, maka penghasilan dilakukan bagi hasil.

Pemdes Bantul membantu sebuah bangunan pendapa yang bisa dimanfaatkan untuk pertemuan, ulang tahun atau kegiatan lainnya. Untuk sementara pemasukan diserahkan kepada Pokdarwis.

Dengan dibangunnya Taman Tegaldowo Manunggal, kini bermunculan warung-warung makan di sekitar lokasi taman. Di wilayah Guwosari juga muncul penitipan sepeda motor dan warung makan, sehingga keberadaan taman tersebut mampu meningkatkan tingkat perekonomian warga setitar. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI