Waspada! Tebing Ambrol Ancam Bangunan Pujasera

BANTUL, KRJOGJA.com – Imbas banjir Sungai Oya beberapa waktu lalu mengakibatkan longsornya tebing bangunan Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) di tepi Sungai Oya Dusun Jetis RT 04. Kini longsor akibat gerusan air tersebut makin mendekati bangunan diselatan bantaran Sungai Oya itu. Jika tidak segera diambil langkah antisipasi dikhawatirkan bangunan tersebut makin terancam. Sementara itu Komisi B DPRD Bantul mengimbau sebelum pembangunan dilakukan dikaji secara matang agar tidak berdampak buruk dikemudian hari.   

Ditemui KRJOGJA.com Minggu (10/3/2019), Riswani salah satu wisatawan mengungkapkan, potensi wisata disepanjang Sungai Oya cukup menarik untuk dikembangkan. Tetapi mestinya mulai ada tahapan kajian hingga pelaksanaan. “Setahu saya sebelum sebuah objek wisata dibangun harus ada kajian terkait dengan semua potensi yang menggangu objek tersebut,” ujarnya. 

Oleh karena itu longsornya tebing tidak jauh dari bangunan Pujasera mesti segera diantisipasi sejak dini. Jangan sampai mendakati bangunan utama, karena jika sampai terjadi kerugian akan semakin besar.  Kerugian bukan sekadar material semata, namun kepercayaan khalayak terhadap sistem pengelolannya.

Menurutnya sebagai wisatawan, tentu berharap kawasan Sungai Oya menjadi destinasi wisata khusus dengan segala potensinya. Tetapi membutuhkan komitmen bersama dalam  menuju ke arah itu.  

Sementara itu anggota Komisi B DPRD Bantul, Suradal mengatakan, kawasan Sungai Oya punya potensi untuk dijadikan destinasi wisata baru. Oleh karena itu dalam proses penggarapannya juga harus benar-benar dilakukan secara profesional. 

“Sektor wisata itu sekarang ini jadi solusi paling cepat dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan catatan objeknya berkembang,” ujarnya.  Oleh karena itu, pihaknya memberikan masukan supaya segala bentuk pontensi longsor yang bisa mengganggu bangunan pendukung wisata harus diantisipasi.

Kasi Pelayanan Desa Selopamioro Imogiri,  Danang Kumorojati  belum bisa dimintai keterangan terkait dengan langkah antisipasi agar  gerusan air Oya tidak meluas.(Roy)

BERITA REKOMENDASI