Waspadai Sapi Pemakan Sampah Masuk Pasaran!

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRjogja.com) – Meningkatkan permintaan hewan kurban menjelang Hari  Raya Idul Adha harus diwaspadai khususnya dari pedagang yang tidak bertanggungjawab. Peluang masuknya sapi pemakan sampah ke pasaran sangat terbuka dalam kesempatan seperti ini.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kehutanan Bantul Ir Pulung Haryadi MSc mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk melakukan pemeriksaan hewan menjelang Hari Raya Idul Adha. Pemeriksaan akan dilakukan disejumlah tempat di Bantul termasuk di Tempat Pembuangan Sampah Piyungan Bantul. “Nantinya sapi-sapi yang sudah diperiksa akan diberi tanda khusus. Sementara yang tidak layak sembelih jelas tidak akan diberi label sehat,” jelas Pulung.

Meski banyak orang dilibatkan untuk memeriksa hewan kurban. Namun Pulung pesimis semua tempat penjualan hewan bakal diperiksa. Menurutnya  sapi tersebut diperiksa kesehatannya secara acak. “Langkah ini untuk menjaga  kualitas hewan kurban sehat ketika disembelih,“ jelasnya.

Sementara seorang warga di kawasan Tempat Pembuangan Sampah Piyungan, Kamis (11/8)  mengaku tidak risau dengan sapi-sapinya. Selama ini sapi tersebut juga dijual bebas ke pasaran. “Itu sudah cukup umurnya mas, tetapi masih kecil jika dijual hari kurban besok,” ujar sumber itu. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI