WICO 2019, Siswa Kesatuan Bangsa Raih Medali Emas

BANTUL, KRJOGJA.com – Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta terus mendorong siswanya berprestasi dalam bidang  sains dan teknologi. Oleh karena itu sejumlah terobosan ditempuh, salah satunya dengan memperbanyak projeck  penelitian diberbagai bidang ilmu pengetahuan. 

Sejauh ini siswa SMP /SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta tidak hanya berprestasi dilevel nasional,  tetapi mampu mengukir prestasi dikancah internasional. Bahkan akhir bulan Juli  lalu dua siswa SMA  Kesatuan Bangsa Yogyakarta  berhasil meraih medali emas  diajang  Word Invention Creativity Olympic (WICO) 2019 di Korea Selatan.  

Ditemui di Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta  di Jalan Wates Argomulyo Sedayu Bantul,  Anargya Nasywa Kustanto dan Andini Ghina Syarifah, Kamis (8/8)  mengatakan  kejuaraan intrnasional itu mengambil projeck peneletian tentang penyebab dan informasi obat sakit perut.  

"Kami mengambil project tersebut setelah melihat realitas dimasyarakat, bahwa sering terjadi pemilihan obat sakit perut kadang kurang tepat. Sering ditemui karena sakit perut obatnya beli di warung dan tanya kepada penjualnya,  latar belakang kebiasaan masyarakat itu kami angkat dalam sebuah penelitian," ujar Anargya.                   

Dijelaskan, dalam aplikasi tersebut masyarakat bisa menemukan jenis penyakit perut, kemudian langkah dalam memberikan pertolongan pertama. Tidak hanya itu, dalam aplikasi itu juga tersedia informasi jenis penyakit perut dan juga obatnya. Termasuk rujukan rumah sakit jika memang diperlukan dalam menangani pasien. "Khusus jenis sakit perut dan obatnya yang dibutuhkan itu kami sudah berkonsultasi dengan dokter. Sehingga informasi dari aplikasi yang kami buat ini sudah seusai," ujarnya. 

Persiapan menghadapi WICO tersebut, persiapan dilakukan sejak beberapa bulan lalu.  Mulai dari persiapan penelitian hingga konsultasi dengan dokter. Semua informasi terkait dengan jenis penyakit dan juga obat pencegah sakit perut harus benar -benar tepat sehingga informasi tersebut bisa mengedukasi masyarakat secara umum. (Roy)

BERITA REKOMENDASI