Wow.. Pilihan Pengurus Kampung Potorono ala Pemilu

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemilihan  Ketua RT 02 dan RT 05, Ketua Pemuda dan Ketua Dasawisma yang dihelat Panitia Pemilihan Pengurus Kampung Setyo Manunggal Potorono Tahun 2020-2023,  digelar seperti Pemilu, Minggu (1/12/2019) di Pendopo RT 02 Dk Potorono  Banguntapan, Bantul.

Warga yang terdaftar sebagai pemilih memberikan hak pilihnya dari Pukul 08.00 hingga 12.30. Setelah registrasi, pemilih mendapat 4 surat suara untuk memilih Ketua RT 02 (7 kandidat), Ketua RT 05 (7 kandidat), Ketua Pemuda (5 kandidat), dan Ketua Dasawisma (8 kandidat). Lengkap dengan foto kandidat yang bisa dicoblos sesuai pilihan. Usai mencoblos dan memasukkan suara jari pemilih juga ditandai tinta.

"Pemilihan pengurus kampung ala Pemilu ini merupakan agenda ke-5, yang  telah sukses  periode sebelumnya. Semoga  bisa menjadikan pembelajaran bagi seluruh warga untuk lebih antusias dan demokratis," ucap Ketua Kampung Sugeng Raharjo kepada KRJogja.com di sela pemilihan.

Didampingi Ketua Pemuda Wahyu TA, Ketua RT 02 Giyoto SPd MPd, Ketua RT 05 Sarjimin,  Sugeng menyebutkan setelah menjalani tugas 1 Periode (3 tahun), pengurus kampung akan digantikan dengan kandidat yang diusulkan kelompok-kelompok ronda. "Mereka yang dicalonkan harus mau, dan uniknya bila kampanye dalam pemilu untuk dipilih, namun di Potorono ini malah ada yang kampanye supaya jangan memilih dirinya dan mengarahkan ke kandidat yang lain," ungkap Sugeng tersenyum.

Suasana dan dekorasi serta perlengkapan yang disiapkan persis sama seperti Pemilu, hingga pukul 12.30 dinyatakan pemilihan ditutup. Selanjutnya dilakukan penghitungan suara pada pukul 13.00. Dari penghitungan suara  total 260 warga yang meberikan hak pilih dengan saksi-saksi dan suasana guyub akrab, terpilih dengan suara terbanyak Ketua  RT 02 Supri Nugroho, Ketua RT 05 Marsudiyono SE, Ketua Dasawisma Supardjilah, Ketua Pemuda Alan Anugrah Irmansyah. Suasana semarak dengan pembagian doorprize untuk pemilih yang hadir dalam penghitungan suaranya, berupa itik, alat dapur/rumah tangga dan lainnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI