YGSI Serahkan Ratusan Tong Sampah

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Serah terima tong sampah dan rumah pilah sampah dari Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) dilaksanakan di Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul, Kamis (26/11/2020). Sebanyak 12 rumah pilah sampah diserahkan kepada 12 dusun dan 500 tong sampah diberikan kepada 16 dusun di Desa Sumbermulyo Bambanglipuro. Dengan program tersebut diharapkan pengelolaan sampah di Sumbermulyo semakin baik.

Lurah Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro, Any Widayani mengatakan, pendampingan YGSI pada Desa Sumbermulyo sudah dilakukan sejak tahun 2015. Tahun ini 12 rumah pilah sampah dan 500 tong sampah diserahkan oleh YGSI.

Sejak tahun 2015 mendampingi Desa Sumbermulyo dengan 16 dusun. Banyak program sudah diberikan kepada masyarakat. Mulai pendampingan kepada ibu-ibu, karangtaruna hingga Gapoktan. “YGSI juga memberikan pelatihan bagi pengelola sampah di Desa Sumbermulyo,” ujarnya.

Ketua Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI), Pradita Nurmaya Kusuma mengatakan pengelolaan sampah di Sumbermulyo jadi program pembangunan desa percontohan. Salah satu fokusnya pemberdayaan masyarakat.

Oleh karena itu YGSI dalam melaksanakan program itu sesuai yang dibutuhkan Desa Sumbermulyo. “Sumbermulyo cukup luas, penduduknya juga padat. Tentunya sampah masih menjadi permasalahan yang sulit diatasi disini. Sehingga di awal program kami membantu membangunkan rumah pilah sampah di 4 dusun, dan tahun ini 12 rumah pilah sampah dan 500 tong sampah,” ujarnya.

Pendampingan mulai tahun 2015 berkaiatan lingkungan, pemberdayaan perempuan dan pertanian. “Harapannya pengelolaan sampah di Sumbermulyo ini jadi inspirasi desa lainnya dalam mengelola sampah. Kami tidak hanya membangunkan rumah pilah sampah, namun kami bekali pengelola agar bisa mengoptimalkan dalam pengelolaan sampah,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Ari Budi Nugroho ST MSc mengatakan, diserahkan 12 rumah pilah sampah dan 500 tong sampah bagi 16 dusun di Sumbermulyo. YGSI sudah berperan aktif mendukung kegiatan di Sumbermulyo salah satunya penanganan sampah. Kegiatan YGSI ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat Bantul dan Sumbermulyo khususnya.

“Sesuai Perda tahun 2019 penanganan sampah tidak sekedar menjadi tugas dari pemerintah daerah. Tetapi ada peran dari desa dan swasta, dengan Perda tersebut sekaligus memberikan ruang kepada swasta untuk berkontribusi dalam penanganan sampah,” ujar Ari. (Roy)

BERITA REKOMENDASI