YKI AJak Ajak Masyarakar Sadar Kanker

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bantul menyelenggarakan sosialisasi tentang keberadaan YKI Cabang Bantul dan mengajak masyarakat agar tetap sadar dan waspada terhadap keberadaan kanker, Selasa (08/03/2022) di Hotel Ros In, jalan lingkar selatan Sewon Bantul.

“Kami memandang penting untuk menyampaikan tentang keberadaan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Bantul , karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang rancu terhadap keberadaan yayasan- yayasan yang memakai nama mirip dengan YKI, tetapi ujung-ujungnya menjual obat yang harganya cukup mahal. Kemudian masyarakat mempertanyakan tentang penjualan obat tersebut kepada YKI,” papar Ketua YKI Cabang Bantul, Hj Sri Suryawidati.

Karena itu menurut Sri Suryawidati ,perlunya dilakukan sosialisasi tentang keberadaan YKI Cabang Bantul. Selain itu juga perlu diingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran adanya ancaman bahaya kanker.

Sadar menurut bahasa Indonesia bisa diartikan insaf, merasa, tahu dan mengerti. Sehingga dalam pertemuan ini diharapkan perserta akan tahu dan mengerti tentang kanker dan sadar bahwa kanker ini tetap ada.

Karena adanya pandemi Covid-19 yang sudah terjadi selama dua tahun, kemungkinan bisa saja masyarakat terlupakan keberadaan kanker. Maka masyarakat tetap harus mengetahui tentang deteksi dini, agar masyarakat bisa mencegahnya.

“Kami berharap sosialisasi ini dapat ditindak lanjuti siapapun anda. Karena anda mempunyai kesempatan untuk mencegah dan menanggulangi dampak kanker bagi diri anda sendiri serta orang yang kau cintai maupun bagi masyarakat luas. Sekaranglah saatnya membuat komitmen pribadi sesuai dengan kondisi dan profesi masing- masing,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi kemarin menghadirkan nara sumber, Hj Siti Noor Afifah SE dengan materi, sadar kanker dan deteksi dini. Dra Ninik Istirarini Apt MPH menyampaikan tentang keberadaan Yayasan Kanker Indonesia dan Dr Lucia Sri Rejeki MPH menyampaikan tema pencegahan dan bahaya penyakit kanker.

Sosialisasi dihadiri ketua YKI DIY, perwakilan dari Tim Penggerak PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, RSUD Bantul diikuti pengurus YKI Bantul dan Ketua Penggerak PKK Kapanewon se Bantul. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI