Banyak Warga Kota Yogya Kesulitan Daftar Kartu Pra Kerja

YOGYA, KRJOGJA.com – Tidak sedikit warga yang merasa kesulitan mendaftar kartu pra kerja yang menjadi program pemerintah pusat. Kesulitan tersebut bukan dalam hal akses melainkan keterbatasan yang dimiliki calon pendaftar. Terutama pendaftar dari kalangan orangtua.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogya Lusiningsih, mengungkapkan mereka yang kesulitan mendaftar kartu pra kerja rata-rata karena belum terlalu familiar dengan internet serta tidak memiliki akun email.

“Sebelum mendaftar harus membuat akun dulu. Untuk membuat akun juga harus memiliki email yang disarankan gmail. Pendaftar harus yang bersangkutan, namun kami berikan pendampingan,” jelasnya, Senin (20/4/2020).

Pengguna kartu pra kerja terbagi dalam empat kategori yakni tenaga kerja (naker), koperasi dan UKM, pariwisata, dan perdagangan. Pihaknya, imbuh Lusiningsih, sudah menyediakan empat komputer yang dapat digunakan untuk mendaftar sekaligus mendampinginya, tetapi khusus pengguna kartu pra kerja untuk kategori tenaga kerja maupun koperasi dan UKM. Tenaga kerja yang bisa mengakses kartu pra kerja ialah yang dirumahkan atau terkena PHK.

BERITA REKOMENDASI