Banyak Warga Kota Yogya Kesulitan Daftar Kartu Pra Kerja

Kendati demikian, agar pendaftar tidak bondong-bondong ke dinas pihaknya membuat edaran cara mudah mengakses kartu pra kerja. Hal ini karena pendaftaran dilakukan secara online melalui laman prakerja.go.id. Pendaftaran rencananya dibuka hingga 30 gelombang, dan saat ini sudah memasuki gelombang kedua.

“Tiap gelombang, pendaftarannya dibuka Senin hingga Kamis. Kemudian Jumat itu pengumuman, dan Senin dibuka lagi. Sistemnya langsung dari pusat sehingga kami juga tidak bisa mengetahui siapa saja yang lolos,” urainya.

Prosedur pendaftaran, bagi yang familiar dengan internet sebetulnya cukup mudah. Setelah memiliki akun dan mendaftar, lantas akan memperoleh nomor untuk mengisi data diri. Selanjutnya mengirimkan identitas serta swafoto bersama kartu identitasnya. Setelah berhasil ada beberapa pertanyaan untuk dijawab sebagai bagian dari proses seleksi.

Lusiningsih menambahkan, pihaknya berencana membuat videoconverence bersama pelaku usaha di Kota Yogya. Harapannya, perusahaan yang merumahkan tenaga kerjanya bisa memberikan pendampingan untuk mendaftar kartu pra kerja.

BERITA REKOMENDASI