Bareng BRI dan Balai Pelatihan Ekspor, UMKM DIY Diajak Go Internasional

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – BRI bersama Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) menggelar pelatihan prosedur, negosiasi dan kontrak dagang ekspor pada 30 pelaku UMKM DIY. Selama tiga hari 21-23 Juni 2022, para pelaku UMKM diajak mendalami tata cara ekspor yang akan membawa mereka go internasional.

Nurrohmi Handayani, Regional Operation Head, dari BRI Regional Office Yogyakarta mengatakan dalam melewati masa pandemi, pihaknya terus berfokus pada penyelamatan UMKM yang menjadi penopang ekonomi Indonesia.

Menjalankan stimulus pemerintah bagi UMKM, dalam hal ini BRI turut berperan dalam penyalurannya untuk membangkitkan UMKM.

“Saat ini, UMKM menjalankan peranan penting dengan menyumbang PDB sebesar 61 persen, dan juga menyerap 97 persen angkatan kerja. Tentu ini adalah manfaat UMKM yang sangat luar biasa, dan BRI sangat bangga turut menjadi bagian dari kemajuan UMKM Indonesia,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (22/6/2022).

BRI menurut Nurrohmi mendukung penuh 4 tahap Kementrian BUMN untuk menghantarkan UMKM naik kelas, yakni Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go GLOBAL.

Keempat fokus ini telah dijalankan oleh Kementerian BUMN dalam memberdayakan UMKM, melalui Rumah BUMN di seluruh Indonesia, salah satunya Rumah BUMN Yogyakarta, yang berada dibawah supervisi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

“Salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh BRI terkait UMKM Go Global dan diadakan secara rutin tahunan adalah Brilianpreneur. Pada tahun 2021, sebanyak 500 UMKM dari seluruh Indonesia menjadi peserta dalam kegiatan tersebut, dengan 45 peserta dari UMKM DIY,” katanya.

Brilianpreneur merupakan pameran industri kreatif yang unik, menampilkan karya-karya usaha mikro, kecil dan menengah terbaik Indonesia, melalui berbagai instalasi seni yang memikat.
Kegiatan yang diselenggarakan dalam ajang Brilianpreneur yaitu 3D Virtual Expo, Business Matching, Talkshow, Bazaar Online dan UMKM Awards. Rangkaian acara tersebut dirancang khusus sebagai upaya mempertemukan UMKM di seluruh Indonesia dengan para buyer internasional.

Terkait kegiatan workshop khusus yang didesain untuk peserta Brilianpreneur 2021, calon peserta Brilianpreneur 2022 dan juga UMKM anggota Rumah BUMN Yogyakarta, yang seluruhnya merupakan nasabah BRI.

BERITA REKOMENDASI