BBKB Selenggarakan Diseminasi Inovasi Teknologi dan Fasilitasi Sertifikat Batik Mark

YOGYA, KRJOGJA.com – Di tengah masa pandemi seperti saat ini, industri kerajinan dan batik mampu membuat produk sesuai preferensi pasar. Industri kerajinan dan batik juga cepat melakukan diversifikasi produk, memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usahanya.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi menambahkan, industri kreatif kerajinan dan batik merupakan salah satu sektor yang diharapkan bisa menjadi penopang agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi.

“Maka dibutuhkan peran semua pihak dalam menciptakan ekosistem yang menunjang. Industri kerajinan dan Batik merupakan salah satu industri yang aktif memberdayakan tenaga kerja masyarakat,” jelasnya.

Pembangunan Industri Kerajinan dan Batik yang berkelanjutan secara sinergis harus dijalankan melalui upaya pelestarian budaya Indonesia, proses produksi yang efektif dan efisien berdasarkan industri hijau, rekayasa sarana produksi bidang kerajinan dan batik, penyediaan lembaga uji, sertifikasi, dan kalibrasi, serta proses pengembangan SDM dalam ekosistem industri batik melalui sosialisasi, diseminasi dan pelatihan.

BERITA REKOMENDASI