Beberapa Hari Kedepan, DIY Berpotensi Turun Hujan Lebat

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY Stasiun Klimatologi Mlati Sleman memprediksi, wilayah DIY dan sekitarnya hingga akhir Januari 2022 masih dalam periode musim hujan. Ini ditandai dengan adanya pergerakan monsoon asia atau angin baratan di wilayah DIY dan sekitarnya.

“Bulan Januari hingga Februari diprakirakan hujan menengah hingga tinggi berkisar 200 hingga 500 mm/bulan,” ujar Etik Setyaningrum selaku Kepala kelompok data dan informasi BMKG Stasiun klimatologi Sleman, Rabu (26/1/2022) malam.

Hujan deras juga masih berpotensi terjadi di DIY dalam beberapa hari ke depan. Ini berdasarkan pantauan pola angin terupdate menunjukkan pertemuan angin atau konvergensi yang berpotensi pembentukan awan-awan hujan. Otomatis wilayah DIY mengalami hujan yang cukup signifikan dalam beberapa hari ke depan dengan potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Biasanya muncul pada siang hingga sore hari atau menjelang malam hari. Terutama di wilayah DIY bagian tengah dan utara,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI