Berdayakan Kampung, Sentuh Hulu-Hilir untuk Bangkitan Ekonomi

YOGYA, KRJOGJA.com – Program pemberdayaan melalui kampung yang digulirkan Pemkot harus menyentuh sektor hulu hingga hilir. Hal ini supaya bangkitan ekonomi yang terjadi dapat dirasakan secara lebih merata. Apalagi setiap kampung memiliki karakter yang berbeda sehingga sentuhan programnya pun harus disesuaikan.

Sekretaris Fraksi NasDem DPRD Kota Yogya Oleg Yohan, menilai munculnya kampung sayur, kampung kuliner, kampung kerajinan hingga lele cendol, menyimpan potensi untuk semakin dikembangkan. “Tidak semua kampung lantas diseragamkan. Ada karakter atau tematik yang perlu dibangun. Di sini pentingnya sektor hulu-hilir seperti ada kampung yang fokus untuk produksi kemudian ada juga yang menggarap pengolahannya dan kampung lain memasarkan. Itu tinggal disesuaikan dengan karakter kampungnya,” paparnya.

Oleh karena itu, tidak lantas ketika program lele cendol digulirkan kemudian semua kampung diarahkan menjalankannya. Melainkan harus ada tematik sesuai dengan kearifan kampung sehingga tidak dipaksa untuk seragam. Munculnya tematik di tiap kampung itu pun bisa disinergikan dengan wisata kampung yang kini digagas Pemkot.

BERITA REKOMENDASI