Berdayakan Kampung, Sentuh Hulu-Hilir untuk Bangkitan Ekonomi

Terutama dengan kegiatan gowes keliling kampung tiap Jumat pagi oleh kepala daerah, bisa membesarkan hati warga setempat. Kunjungan kepala daerah yang mengenalkan kampung sekaligus menggali potensinya, membuat warga merasa diperhatikan. “Jika hati warga sudah tergerak maka akan lebih mudah untuk mengoptimalkan potensi di sana. Rute gowes kampung kemudian dijadikan paket wisata,” imbuh Oleg.

Wakil Ketua Komisi D ini menambahkan, Pemkot pun harus mengambil hikmah dibalik musibah pandemi. Terutama munculnya semangat gotong royong di masyarakat meski aktivitas ekonomi melemah. Semangat itu antara lain munculnya gerakan cantelan berkah, berbagi tidak merugi maupun ‘ngluwihi mbagehi’. Itu semua tumbuh setelah adanya pandemi. Sehingga modal sosial di masyarakat sudah ada dan tinggal disinergikan dengan kebijakan pemerintah.

Oleg mengatakan, kalangan dewan siap mendukung proses penganggaran sepanjang hal itu dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti dirinya yang turut memprogramkan ke OPD terkait seperti Dinas Pariwisata untuk fokus menggarap dodolan kampung, Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi berupa pinjaman lunak dari BPD DIY dengan bunga 3 persen per tahun maupun Dinas Pertanian dan Pangan untuk optimalisasi danais yang diperolehnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI