Beri Relaksasi, Pemda DIY Dorong Industri Jasa Keuangan Proaktif

Tri Saktiyana menyampaikan selaku regulator, OJK juga tengah mendorong agar industri jasa keuangan mengembangkan skema pembiayaan klaster. Hal ini ditangkap oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY yang kini tengah memetakan klaster-klaster guna mempermudah pembiayaan, khususnya permodalan.

“Kadin DIY masih dalam proses memetakan usulan klaster-klaster usaha berdasarkan jenisnya, kemudian disampaikan kepada OJK maupun industri jasa keuangan. Adanya skema pembiayaan klaster ini justru akan mempercepat dan mempermudah upaya pemulihan usaha tersebut semisal klaster pertanian, klaster kerajinan dan sebagainya karena setiap klaster mempunyai keunikan dan problematika yang berbeda,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY ini menegaskan Pemda DIY dalam hal ini membantu fasilitasi menghubungkan warga terdampak pandemi dengan OJK dan industri jasa keuangan dengan identifikasi klaster dibantu oleh Kadin DIY. Bank BPD DIY bisa diharapkan menyalurkan pembiayaan bagi pelaku usaha ultra mikro seperti pedagang kaki lima (PKL) dan sebagainya.

“Kami siap membantu menghubungkan warga yang terdampak pandemi dengan pihak yang bisa membantu memberikan stimulus, relaksasi maupun insentif,” imbuh Tri Saktiyana.

BERITA REKOMENDASI