Biar Hangat, Kuda Penarik Andong di Malioboro Dapat Jas Hujan Gratis

YOGYA, KRJOGJA.com – Pecinta binatang dari komunitas Animal Friends Jogja (AFJ) bergerak membagikan mantel bagi kusir andong di Malioboro, Jumat (29/4/2022) sore. Mereka membagikan mantel gratis untuk kuda-kuda penarik andong agar tetap hangat apabila hujan menerjang.

Gerakan itu muncul dari viralnya unggahan netizen beberapa waktu lalu yang memperlihatkan kuda penarik andong kehujanan saat hujan deras menerjang Kota Yogyakarta. Kusir berteduh tidak ada di andong sementara tak bisa melakukan apapun pada kuda, dan ternyata unggahan itu direspon banyak orang.

Iswandari Ratna Setiawati, salah satu pegiat komunitas AFJ, mengatakan gerakan bagi mantel gratis ini berangkat dari keprihatinan masyarakat yang melihat video kuda kehujanan beberapa waktu lalu. Lantas AFJ menggalang donasi dan menggugah banyak donatur untuk menyumbang pembuatan mantel.

“Ternyata banyak sekali yang ingin membantu. Kami akhirnya bisa membuat mantel 2 meter x 170 untuk 283 kuda. Hari ini kami mulai bagikan,” ungkapnya di kawasan Malioboro.

BERITA REKOMENDASI