Boleh Masuk Mall, Aspek Keselamatan Anak Harus Tetap Diutamakan

YOGYA, KRJOGJA.com – Saat ini usia anak di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan masuk ke pusat perbelanjaan atau mall. Kendati demikian, para orangtua tetap diimbau bijak dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan.

“Meskipun anak berusia kurang dari 12 tahun sudah diperbolehkan masuk ke mall, tetapi menjaga protokol kesehatan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh anggota keluarga tetap harus diutamakan,” ungkap Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, Rabu (22/9/2021).

Berdasarkan aturan terbaru, mall atau pusat perbelanjaan di Kota Yogya dan tiga wilayah lain di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Kota Bandung, dan Kota Surabaya, sudah diizinkan menerima anak berusia kurang dari 12 tahun asalkan didampingi orangtua.

Menurut Heroe, meski sejumlah aturan pembatasan sudah dilonggarkan karena kasus Covid-19 mulai turun dan terkendali, akan tetapi masyarakat diminta tidak euforia secara berlebihan dan mengabaikan protokol kesehatan. Disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan harus diutamakan guna mewaspadai beberapa potensi sebaran yang masih memungkinkan muncul.

“Dari laporan Kementerian Perdagangan, pusat-pusat perbelanjaan di Kota Yogya memiliki tingkat kepatuhan protokol kesehatan yang tinggi yaitu mencapai 95-97 persen,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI