Boleh Masuk Mall, Aspek Keselamatan Anak Harus Tetap Diutamakan

Dalam satu pekan terakhir, rerata harian kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Yogya kurang dari 15 kasus dengan tingkat kesembuhan yang tinggi dan kematian yang rendah.

“Okupansi tempat tidur perawatan di rumah sakit pun sudah semakin turun. Saat ini, terisi kurang dari 15 persen,” jelasnya.

Selain itu, sekitar 96 persen Rukun Tetangga (RT) di Kota Yogya juga sudah ditetapkan sebagai zona hijau atau tidak ada temuan kasus terkonfirmasi positif. Saat ini pun hanya menyisakan empat persen RT di zona kuning serta tidak ada lagi RT yang berstatus zona oranye apalagi merah.

Di samping itu pemeriksaan acak kepada wisatawan maupun pengunjung dari luar daerah tetap dilakukan di pintu-pintu masuk Kota Yogya serta tempat umum. Sedangkan di mall, tempat umum, dan tempat keramaian lain juga sudah dilengkapi QR Code yang dipindai menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

“Dengan memindai QR Code yang disediakan, maka akan diketahui status wisatawan atau pendatang tersebut. Apakah sudah divaksin atau justru menjadi kontak erat pasien Covid-19,” katanya.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI