Booking Hotel di DIY Anjlok Gara-Gara PPKM Level 3

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Naiknya level PPKM DIY menjadi level 3 kembali imbas lonjakan kasus positif Covid menjadi pukulan telak bagi insan pariwisata khususnya yang bergerak di bidang akomodasi. Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) DIY menjadi salah satu sektor yang paling terdampak saat ini.

Ketua PHRI DIY, Dedy Pranowo Eryono mengungkap Februari hingga Maret sebelumnya tingkat reservasi hotel di DIY mencapai angka 60 persen. Namun, setelah muncul kebijakan pemerintah pusat menaikkan level PPKM, banyak yang membatalkan reservasi hingga menyisakan 20 persen saja.

“Ini kita juga was-was yang 20 persen ini membatalkan atau tidak karena situasi sangat beepengaruh. Itu reservasinya untuk Februari sampai Maret. Ya begini situasi yang terjadi di teman-teman PHRI,” ungkap Dedy, Senin (21/2/2022).

PHRI mengatakan sebenarnya anggotanya sedang mulai bangkit dari terpaan dua tahun pandemi. Hanya saja, gelombang ketiga Omicron membawa pengaruh lagi sehingga situasi harus berubah lagi.

“Mungkin ini memang takdir PHRI ya, tapi kita sudah komitmen untuk tidak patah semangat. Harapan kami, kasus lekas turun, tidak ada yang sakit,” ungkapnya lagi.

Sementara, saat ini ada dua hotel anggota PHRI yang menyediakan lokasi isoman untuk warga terpapar Covid-19 yakni Grand Tjokro dan Tjokro Style. Ada sekitar 30 kamar yang disediakan untuk warga yang hendak melakukan isoman dengan tetap berbayar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI