BOR Rendah, Fasilitas Kesehatan di Yogya Dipastikan Tetap Siaga

Kesiapan rumah sakit sebetulnya bisa dilihat pada medium tahun ini atau Juli lalu saat lonjakan kasus tertinggi sepanjang pandemi. Pihak rumah sakit sudah berupaya maksimal dalam memberikan ruang perawatan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan rujukan. Bahkan tidak sebatas dalam penyediaan ruang melainkan hingga tim medis yang memiliki keterampilan khusus berikut alat pelindung diri yang super lengkap.

Selain ruang perawatan di rumah sakit, keberadaan selter hingga tingkat kampung juga tetap disiapkan. Jika terdapat pasien yang membutuhkan tempat isolasi yang kondusif, bisa ditempatkan secara terpadu di selter Tegalrejo maupun Gemawang. Hanya, selter di Gemawang saat ini tidak dijaga oleh tim medis melainkan petugas keamanan.

“Bukan berarti selter itu ditutup. Tetapi karena tidak ada yang menempati maka tim medis ditarik dulu dan tetap ada yang menjaga,” imbuhnya.

Begitu juga tempat isolasi yang ada di tiap wilayah maupun satgas tingkat kampung. Semua tetap aktif meski bersifat on call karena pertumbuhan kasus yang cukup terkendali. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI