BPBD Kota Yogya Fasilitasi Pembuatan Disinfektan Mandiri

Hari mengungkapkan, warga bisa membuat disinfektan secara mandiri dengan menggunakan kaporit atau menggunakan pemutih pakaian. Jika baunya menyengat, bisa menambahkan pewangi pakaian atau pembersih lantai.

“Agar penyemprotan disinfektan bisa efektif menyasar seluruh wilayah, harapannya warga bisa membuat mandiri. Kami akan memberikan bantuan lima liter disinfektan, sehingga kekurangannya bisa inisiatif mandiri. Tapi upaya penyemprotan yang kami lakukan juga tetap jalan terus,” urainya.

Terkait penyemprotan di wilayah rumah tangga, menurut Hari, perlu selektif dan kehati-hatian. Hal ini karena cairan disinfektan bersifat korotif sehingga dapat membahayakan barang-barang elektronik. Bagian yang teraliri listrik juga berpotensi terjadi korsleting. Oleh karena itu tidak semua tempat atau barang di rumah disemprot disinfektan.

“Kalau untuk lantai, masih bisa disemprot. Tapi untuk barang-barang mengandung unsur listrik, bahaya nanti bisa korsleting. Justru lebih bagus gunakan kain lap untuk melumuri gagang pintu, jendela dan lainnya,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI