BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Tambah 6 FKTP Baru

YOGYA, KRJOGJA.com – BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta menambah enam Fasilitas Kesehatan
Tingkat Pertama (FKTP) baru di tahun 2021 untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Keenam FKTP tersebut terdiri dari empat FKTP Klinik Pratama, satu FKTP Dokter Praktik Perorangan dan satu FKTP Dokter Gigi Praktik Perorangan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Prabowo, mengatakan, kerja sama dengan enam FKTP baru
tersebut dilakukan setelah lulus kredensialing. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Asosiasi Fasilitas Kesehatan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Kami menilai kelayakan FKTP dengan melihat sarana prasarana, pelayanan yang diberikan dan komitmennya terhadap Program JKN-KIS. Hasilnya akan dikoordinasikan terlebih dahulu oleh tim kredensialing,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Dia menjelaskan, FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan wajib mempunyai komitmen melayani
peserta dengan optimal. Pasalnya, komitmen ini nantinya menjadi salah satu pedoman dalam penerapan
norma kapitasi FKTP tersebut. Komitmen tersebut di antaranya angka kontak, rasio rujukan non spesialistik dan pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB).

“FKTP dibayar dengan sistem kapitasi sesuai dengan jumlah peserta terdaftar. Apabila komitmen tersebut dilaksanakan sesuai dengan targetnya maka kapitasi yang didapatkan sesuai, sebaliknya apabila komitmen FKTP ada yang tidak tercapai maka kapitasinya menyesuaikan,” imbuh Prabowo.

BERITA REKOMENDASI