BPJS Kesehatan Tidak Berhenti Berinovasi dan Berkolaborasi

Namanya inovasi, Ali Gufron menyebut tidak hanya berbentuk teknologi namun dapat berbentuk prosedur. Untuk itu, pihaknya menghadirkan prosedur literasi baik bagi peserta yang mengalami penyakit kronis tidak lagi menggunakan rujukan dapat mendapatkan obat di era pandemi Covid-19. BPJS Kesehatan juga terus berupaya meningkatkan mutu layanan dengan menilai kepatuhan pelayanan rumah sakit kepada masyarakat agar lebih baik lagi dengan memberikan dana sebelum diverifikasi.

“Masih banyak inovasi lagi yang akan terus kita kembangkan dan upayakan berikutnya. BPJS Kesehatan selalu berkomitmen untuk memprioritaskan pembayaran klaim JKN kepada seluruh fasilitas Kesehatan di tengah kondisi uncertainty saat ini dan masa akan datang,” tandasnya

Ali Gufron menambahkan dukungan dan kolaborasi seluruh stakeholders untuk bersama meningkatkan akses serta kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan dalam rangka sustainabilitas program Jaminan Kesehatan di Indonesia serta dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan juga memiliki peran penting seperti melakukan verifikasi terhadap klaim pelayanan kesehatan akibat Covid-19 di Rumah Sakit (RS).

“Dukungan BPJS Kesehatan juga diberikan dalam rangka penjaminan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Covid-19, yaitu kejadian medik yang diduga berhubungan dengan vaksinasi Covid-19. Kemudian untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang menjadi salah satu game changer dalam pengendalian pandemi, BPJS Kesehatan memberikan dukungan sumber data dalam penyusunan target masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19, memberikan informasi pencatatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang meliputi registrasi, screening hingga dokumentasi pelaporan melalui aplikasi P-Care Vaksinasi,” pungkasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI