Budayakan Pancasila, Birokrat Perkuat Bela Negara

Lebih lanjut dijelaskan, tantangan bangsa semakin kompleks akibat perubahan geopolitik dunia dan perubahan sosial di dalam negeri. Di antara tantangan geopolitik tersebut, pertarungan atas batas wilayah di Laut Cina Selatan, berubahnya batas wilayah akibat perubahan iklim yang menenggelamkan pulau-pulau terluar, ideologi Islam transnasional dan resesi global akibat Pandemi Covid-19.

Dari dalam negeri, bangsa juga menghadapi tantangan internal dalam bentuk masih tingginya angka kesenjangan sosial, menguatnya eksklusivisme beragama yang mengancam keberagaman dan merebaknya berita hoaks.

“Termasuk tantangan besar di lingkungan birokrasi, masih maraknya praktik korupsi, yang dicoba dimitigasi melalui pembudayaan Pancasila sebagai bagian agenda revolusi mental pemerintah. Tokoh-tokoh perjuangan bangsa memberi teladan untuk bekerja untuk rakyat. Para birokrat harus ingat bahwa mereka hanyalah warga biasa yang diberi otoritas melalui SK. Jika terbukti korupsi, keistimewaan otoritas ini akan dicabut dan bahkan akan dipenjara,” jelas mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga tersebut. (Feb)

BERITA REKOMENDASI