Buku Kraton Yogyakarta Pusat Budaya Jawa Dirilis

YOGYA, KRJOGJA.com – Orang Jawa jaman dulu sangat senang dengan bahasa simbol. Bahkan, setiap keinginan yang diharapkan selalu diwakili dalam bahasa simbol melalui berbagai bentuk dan caranya.

Hanya saja sayang, bahasa simbol tersebut kurang dipahami, khususnya bagi generasi saat ini. Malahan, banyak yang kemudian tidak mampu memaknai simbol karena tidak adanya transfer pengetahuan dan sosialisasi yang masif terkait hal tersebut.

Karena itulah, Dinas Kebudayaan DIY melalui dana keistimewaan merilis buku berjudul ‘Kraton Yogyakarta Pusat Budaya Jawa’ yang ditulis Ir Yuwono Sri Suwito MM. Buku tersebut secara resmi dirilis melalui diskusi yang menghadirkan narasumber KPH Yudahadiningrat dari Kraton Yogyakarta dipandu moderator Purwadmadi.

“Saya coba mengambil celah sudut pandang yang belum ditulis oleh penulis lain. Selain itu juga didasari kekaguman saya terhadap Kraton Yogyakarta. Buku ini sengaja disusun untuk kepentingan pembelajaran dan pemahaman tentang Kraton Yogyakarta dari beberapa aspek, mulai sejarah, budaya, filosofi, tata ruang, arsitektur hingga detil bangunan penting di Kraton Yogyakarta,” jelas Ir Yuwono Sri Suwito saat menyampaikan paparan di Ruang Bima Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (23/7/2020).

BERITA REKOMENDASI