Bulan Depan APBD Kota Yogya Kembali Dirasionalisasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Surat Edaran (SE) Walikota Yogya terkait rasionalisasi anggaran yang berdampak pada penghentian sementara sejumlah kegiatan akan berakhir 30 Juni. Bulan depan APBD Kota Yogya pun akan kembali dirasionalisasi dengan mempertimbangkan pendapatan yang masih belum stabil.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, mengatakan sektor pendapatan yang terus turun mengakibatkan kemampuan daerah dalam menggulirkan program menjadi berkurang. “Juli akan rasionalisasi lagi, terutama ketika ada ketentuan baru dari pemerintah pusat. Yang jelas pendapatan terus turun,” jelasnya, Kamis (11/6/2020).

Pada tahun lalu sektor pendapatan daerah mencapai sekitar Rp 680 miliar. Jika dikalkulasi dalam sehari rata-rata ada pemasukan sebesar Rp 1,5 miliar. Salah satu pendapatan yang menjadi primadona ialah pajak hotel. Selama pandemi Covid-19, kalangan perhotelan menjadi sektor yang terpukul karena anjloknya wisatawan. Begitu pula sektor pajak lain seperti restoran, hiburan, hingga bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

BERITA REKOMENDASI