Bus Pariwisata Mulai Masuk, Pemkot Evaluasi Pengawasan Akhir Pekan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepadatan yang terjadi pada akhir pekan lalu menjadi perhatian Pemkot Yogya. Meski didominasi oleh warga lokal namun sejumlah bus pariwisata juga nekat masuk Yogya, sementara destinasi wisata belum dibuka. Kondisi tersebut dijadikan evaluasi pengawasan akhir pekan.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, menyebut tempat parkir yang dikelola pemerintah belum menerima bus pariwisata. Begitu pula tempat parkir swasta yang telah diimbau melakukan hal sama.

“Kota Yogya masih menerapkan PPKM Level 4 yang berarti seluruh kegiatan pariwisata, termasuk destinasi pariwisata, belum dibuka. Otomatis semua tempat parkir wisata juga dilarang menerima bus pariwisata atau angkutan umum lainnya,” katanya, Senin (6/9/2021).

Kendati demikian pada Minggu (5/9/2021) lalu sejumlah bus pariwisata diketahui parkir di seputar kawasan Malioboro salah satunya di Jalan Bhayangkara serta tempat parkir Ngabean pada sore hari. Petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP lantas menghalau untuk meninggalkan lokasi. Meski sudah berhasil meninggalkan lokasi, malam harinya kembali ditemukan bus pariwisata yang parkir di Ngabean.

“Makanya kita melakukan evaluasi mengenai kondisi di akhir pekan kemarin untuk mencari jalan terbaik bagaimana memastikan seluruh pihak taat aturan PPKM. Instansi terkait kita panggil,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI