Catat, Naik KA Belum Booster Wajib Negatif Tes Covid

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Menyambut dilaksanakannya masa angkutan Lebaran 1443 Hijriyah tahun 2022, KAI mulai menerapkan persyaratan baru untuk keberangkatan mulai, Selasa (5/4/2022) hari ini. Pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen, namun bagi yang belum diwajibkan menunjukkan hasil negatif.

Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, aturan tersebut berlaku menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 4 April 2022. Menurut dia ada persyaratan yang harus diikuti calon penumpang terutama yang hendak menaiki KA Jarak Jauh.

“Untuk yang sudah vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Untuk yang baru vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam sementara yang baru vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam,” ungkapnya.

Sementara untuk calon penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam. Penumpang dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

“Untuk syarat naik KA Lokal dan Aglomerasi, wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama, tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR dan calon penumpang dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” sambung Supriyanto.

BERITA REKOMENDASI