Cegah Corona Meluas di Yogya, Ketegasan Aparat Diperlukan

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), selain membutuhkan kesadaran masyarakat juga sikap tegas aparat yang mendapat amanah untuk menegakan kebijakan pemerintah. Jika tidak maka akan banyak warga yang tertular virus berbahaya.

Meski jumlah warga yang sembuh terus meningkat, namun jumlah warga yang positif terinfeksi Covid-19 terus bertambah, dan sebanyak 82 orang. Padahal DIY harus menghadapi gelombang pemudik yang sudah sampai.

Koordinator Tim Respons Covid-19 Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Riris Andono Ahmad MPH PhD mengemukakan, penerapan ‘social distancing’ secara benar dan efektif menjadi kunci pencegahan penularan Covid-19, termasuk setelah diketahui adanya transmisi lokal di DIY. Sehingga yang lebih penting adalah pada penerapan social distancing itu sendiri bukan lantas harus menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“PSBB isinya kan juga ‘social distancing’ seperti yang sudah dilakukan sekarang. Yang lebih penting justru pada penerapannya daripada istilahnya. Kita lakukan ‘social distancing’ dengan benar dan efektif, kerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Kalau mau penjarangan di tempat umum itu bisa dilakukan, meski tanpa PSBB,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI