Cegah Covid-19, Masyarakat di Pedesaan Miliki Peran Penting

YOGYA, KRJOGJA.com – Penanganan dan upaya pencegahan Covid-19 di DIY akan bisa dilakukan dengan baik apabila ada kesadaran dari semua lini. Jadi selain pemerintah daerah,setiap elemen masyarakat memiliki peran penting dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di DIY, termasuk masyarakat di pedesaan. Peran masyarakat di tingkat desa itu menjadi kunci untuk bersama-sama mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

“Selain penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pendataan terhadap seseorang yang baru saja bepergian ke luar daerah juga cukup penting. Untuk itu saya berharap agar Satgas yang ada di level kelurahan atau desa yang didukung oleh Babinsa atau Babinkamtibmas perlu lebih dioptimalkan. Hal itu penting, mengingat mereka memiliki peran cukup strategis dalam pencegahan Covid-19,” terang Sekretaris Tim Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana di Yogyakarta, Sabtu (8/8/2020).

Biwara mengungkapkan, menyadari akan pentingnya peran masyarakat di tingkat desa, pihaknya semakin gencar melakukan sosialisasi berkaitan dengan Covid-19 di pedesaan. Tindakan itu dilakukan selain karena penyebaran Covid-19 tidak mengenal kawasan, kesadaran masyarakat diharapkan lebih meningkat. Dengan begitu, pencegahan terhadap Covid-19 bisa dilakukan sejak dini, salah satunya lewat kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

BERITA REKOMENDASI