Cegah Kerumunan, Dindukcapil Siapkan ‘Drive Thru’ KTP Elektronik

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya menyiapkan layanan ‘drive thru’ penerbitan KTP elekronik atau e-KTP. Terutama penerbitan bagi warga yang kehilangan e-KTP maupun rusak.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Dindukcapil Kota Yogya Bram Prasetyo, mengungkapkan dari sisi prasarana untuk menggelar ‘drive thru’ pencetakan e-KTP tidak mengalami persoalan. “Saat ini kami tengah mengkaji lokasi yang efektif. Ada tiga lokasi yang masuk kajian yakni depan rumah dinas walikota, depan Graha Pandawa Balaikota atau XT Square. Soalnya layanan ini melibatkan beberapa OPD seperti Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Kominfo maupun Polresta,” jelasnya, Jumat (26/6/2020).

Ditargetkan awal Juli layanan itu sudah bisa digulirkan ke masyarakat. Hanya, dalam tahap awal akan digelar dua kali dalam sepekan pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Hal ini untuk melihat respons masyarakat sekaligus mempertimbangkan bahan material berupa blangko e-KTP yang masih tersedia.

Bram menambahkan, layanan ‘drive thru’ e-KTP salah satunya ditujukan untuk mengurangi kerumunan warga yang mengakses layanan kependudukan di kantor. Pasalnya, layanan e-KTP mendominasi akses warga yang datang ke kantor Dindukcapil hingga 70 persen. Sisanya ialah layanan pindah datang maupun kartu keluarga.

“Sehari kita mencetak 170 keping. Itu berdasarkan kuota yang kita berikan bagi warga yang sebelumnya mendaftar melalui Whatsapp (WA),” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI