Cegah Kerumunan, Dindukcapil Siapkan ‘Drive Thru’ KTP Elektronik

Selama ini warga yang e-KTP nya hilang atau rusak harus mendaftar dulu untuk bisa diterbitkan kartu yang baru. Tidak sedikit warga yang sebelumnya sudah mendaftar serta mendapat jadwal namun tidak tertib dalam pengambilan. Akibatnya harus ada petugas khusus yang disiapkan hanya untuk melayani pemberian e-KTP.

Sedangkan melalui layanan ‘drive thru’, pemohon tidak perlu lagi mendaftar melalui WA melainkan bisa langsung datang ke lokasi. Bagi warga yang e-KTP nya hilang maka harus menyerahkan surat kehilangan dari kepolisian. Sedangkan yang e-KTP nya rusak, cukup membawa kartu yang rusak tersebut untuk diserahkan ke petugas. Selain itu, pemohon juga wajib membawa kartu keluarga asli.

“Layanan itu nanti cukup mudah dan cepat. Begitu syaratnya diserahkan, akan dicek dan langsung dicetak, kemudian saat itu juga e-KTP yang baru bisa diambil,” tandas Bram.

Hingga saat ini ketersediaan blangko e-KTP masih cukup memadai yakni sekitar 2.000 keping. Pihaknya pun juga masih menunggu distribusi tambahan blangko dari Kementerian Dalam Negeri.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI