Cegah Penyebaran Covid-19, Kontribusi Masyarakat Bawah Cukup Besar

YOGYA, KRJOGJA.com – Penularan kasus Covid-19 saat ini tidak hanya terjadi di perkantoran, tapi sudah masuk ke lingkungan terdekat seperti tetangga dan keluarga. Adanya fenomena tersebut menjadikan peran masyarakat khususnya yang berada di level RT/RW memiliki kontribusi cukup besar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid. Khususnya yang berkaitan dengan penegakan protokol kesehatan (prokes) dan mobilitas, sehingga bisa dilakukan pemetaan zona-zona di dusun.

“Penularan kasus saat ini sudah sampai di lingkungan tetangga dan keluarga. Kondisi ini tentu membutuhkan perhatian dan tantangan bersama agar penambahan kasus bisa ditekan. Adanya gerakan Jaga Warga diharapkan menjadi gerakan bersama untuk saling menjaga lingkungan di tingkat paling bawah, terutama dalam menerapkan prokes. Mudah-mudahan jika gerakan tersebut bisa dilakukan dengan baik, penularan bisa dikurangi,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, Sabtu (6/2/2021) di Kompleks Kepatihan.

Biwara mengungkapkan, supaya pengawasan yang dilakukan di tingkat bawah bisa dilaksanakan dengan baik, nantinya ada relawan lokal yang akan mengawasi mobilitas warga, khususnya berkaitan dengan keluar masuknya warga dari luar . Untuk itu pihaknya mendorong pembentukan Satgas Covid-19 di desa-desa jadi gerakan bersama. Dengan begitu pemantauan mobilitas dan zona-zona bisa lebih mudah dilakukan.

BERITA REKOMENDASI