Cegah Penyelewengan, PHRI Kawal Dana Hibah Pariwisata

Jajaran anggota PHRI DIY juga sudah sepakat memanfaatkan bantuan itu untuk kepentingan operasional hotel, kesejahteraan karyawan serta menjaga keberlangsungan properti. Hanya, besaran bantuan juga belum bisa dipastikan. Setiap hotel dan restoran dipastikan akan menerima dalam jumlah berbeda karena ada rumus yang digunakan Pemkot untuk membagi.

Deddy menambahkan, ada beberapa persyaratan utama bagi hotel dan restoran yang berhak menerima bantuan. Antara lain masih berdiri dan beroperasi, memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) serta sudah membayar pajak tahun 2019. “Kota Yogya ada pendataan melalui Google Form, dan kita yang mengajukan. Kita awasi betul agar nanti penerimanya sesuai dan tepat. Jangan sampai yang sudah tidak beroperasi atau baru dioperasikan justru dapat. Tapi ini sangat membantu beban kita,” urainya.

Dirinya pun berharap kalangan hotel dan restoran maupun destinasi wisata berinisiatif untuk mengajukan verifikasi protokol kesehatan ke gugus tugas tingkat daerah. Pasalnya jika ada temuan kasus penyebaran Covid-19 di salah satu destinasi atau industri pariwisata maka semua sektor akan terdampak.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI