Covid Terus Naik, BBTKLPP Pastikan Ketersediaan Reagen Mencukupi

YOGYA, KRJOGJA.com – Lonjakan kasus Covid-19 di DIY dalam beberapa waktu terakhir tidak hanya menjadi tantangan bagi dokter dan paramedis, tapi juga petugas di laboratorium. Kendati dalam sehari jumlah sample yang masuk cukup banyak, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) memastikan ketersediaan reagen masih mencukupi, sehingga layanan bisa tetap lancar dan tepat waktu.

“Penambahan kasus di DIY dalam beberapa hari terakhir cukup memprihatinkan karena lebih dari 500 kasus, bahkan 600 kasus lebih. Adanya penambahan jumlah kasus positif, secara otomatis jumlah sample yang masuk juga semakin banyak (sehari bisa 1000 lebih). Untuk itu guna memberikan layanan terbaik bagi masyarakat petugas di laboratorium memutuskan untuk tidak libur. Karena layanan bagi masyarakat harus diprioritaskan,” kata Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Dr dr Irene MKM di Yogyakarta, Minggu (20/6/2021) malam.

Irene mengungkapkan, penangganan Covid-19 di DIY membutuhkan kebersamaan dari semua komponen masyarakat. Jadi tidak bisa hanya mengandalkan pihak tertentu saja. Karena sebagus apapun upaya yang dilakukan pemerintah, tanpa diimbangi dengan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat tidak akan banyak berarti.

“Kenaikan kasus yang terjadi dalam beberapa hari terakhir harus menjadi perhatian bersama. Karena kenaikan kasus itu menjadi indikator dari penerapan Prokes yang belum maksimal. Untuk menekan kenaikan kasus yang paling penting hindari kerumunan, karena penularan cepat terjadi disana. Jadi walau sudah divaksinasi harus tetap taat Prokes,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI