Dagangan Sepi, Pedagang Paguyuban PPKLY Unit 37 Teras Malioboro 1 Keluhkan Event Bazar

YOGYA, KRJOGJA.com – Para pedagang yang tergabung dalam Paguyuban PPKLY Unit 37 Teras Malioboro 1 mengeluhkan adanya event bazar yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM DIY yang digelar di selasar Teras Malioboro 1, karena berakibat dagangan mereka sepi pengunjung.

Bazar diadakan pada 5-8 Mei 2022 sebagai puncak libur Lebaran dan sedang padatnya wisatawan yang berkunjung ke Teras Malioboro. Sebagian pedagang yang terlibat dalam event adalah pedagang oleh-oleh bakpia dari lantai 3 Teras Malioboro 1, yang lokasinya bersamaan dengan para pedagang paguyuban PPKLY yang juga di lantai 3.

“Selama ini oleh-oleh bakpia menjadi daya tarik pengunjung ke lantai 3, ini juga berdampak pada pedagang lainnya seperti penjual batik atau kaos. Saat ada event di selasar para pengunjung enggan ke lantai 3, sehingga dagangan kami sepi,” tandas Wakil Ketua PPKLY Unit 37 Andi Zulkifli ditemui wartawan di lantai 3 Teras Malioboro 1, Minggu (8/5/2022).

Menurut Andi, sosialisasi adanya event tersebut dengan waktu yang mepet sehingga pihaknya tidak memiliki kesempatan komplain. Tapi anehnya, menurut pihak penyelenggara bahwa kegiatannya sudah direncanakan jauh hari.

“Aneh, event sudah direncanakan jauh hari tapi sosialisasi kepada para pengurus pedagang waktunya mepet, sehingga kami tidak bisa komplain,” ujar Andi.

Diakui, selama ini para pedagang di lantai 3 Teras Malioboro 1 banyak dikunjungi kunjungi wisatawan karena terdapat pusat oleh-oleh khas Yogya, sehingga wisatawan juga bisa membeli batik dan kaos.

BERITA REKOMENDASI