Dampah Hujan Deras, Pasar Beringharjo Kebanjiran hingga Pohon Tumbang Tutup Jalan Magelang

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusat Data BPBD DIY mencatat dampak akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi Jumat (14/2/2020) pukul 14.15 WIB tadi. Banjir di kios Pasar Beringharjo hingga pohon tumbang yang menutup Jalan Magelang terjadi akibat hujan yang melanda sebagian wilayah di DIY ini.

Di Kota Yogyakarta tercatat 13 titik terdampak angin kencang. 6 pohon tumbang, 4 rumah, rumah sakit dan gedung pemerintah mengalami kerusakan, sebuah mobil ringsek tertimpa pohon, satu sepeda motor tertimpa pohon serta jaringan listrik terkendala.

Los kios di Pasar Beringharjo juga dilaporkan terdampak hujan lebat siang menuju sore tadi. Los pakaian di Beringharjo digenangi air se mata kaki yang sempat membuat para pedagang panik lantaran air cukup deras.

“Terjadi genangan se mata kaki di lingkungan Pasar Beringharjo akibat luapan drainase. Terjadi juga peningkatan debit air di sungai Code sementara di Gajah Wong masih dalam ambang normal,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana melalui laporan pada wartawan.

Di Sleman, 18 titik terdampak angin kencang di mana pohon tumbang menutup akses jalan seperti yang terjadi di Jalan Magelang Km 9 Mlati Sleman. Sebuah pohon asem tumbang memutus jaringan listrik dan telpon serta sempat menutup arus lalu-lintas Jalan Magelang. Angin kencang juga dilaporkan merobohkan reklame, 13 rumah juga dilaporkan rusak akibat angin kencang dan satu warga luka ringan.

Di Bantul terjadi dua titik angin kencang di mana dua rumah tinggal dilaporkan rusak serta tertutupnya akses jalan. Relawan dari berbagai pihak diketahui telah melakukan langkah cepat mengevakuasi pohon tumbang untuk memulihkan akses publik. (Fxh)

BERITA TERKAIT