Dampak Pandemi Covid-19, Mobilitas Mahasiswa Asing Terhenti

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Seminar Daring dengan tajuk ‘Strategi Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Asing Selama Pandemi Covid-19 melalui Kegiatan Virtual Student Mobility’, Senin (23/11/2020). Acara ini diadakan sebagai respons dari sektor pendidikan tinggi (PT) yang terkena dampak Covid-19.

“Salah satu dampak terbesar yang dialami oleh pendidikan tinggi adalah berhentinya mobilitas mahasiswa secara luring baik di tingkat nasional maupun internasional,” ucap Ida Puspita MA Res, selaku Ketua Panitia Penyelenggara, seminar daring.

Dikatakan, untuk itu kreativitas perguruan tinggi sangat berperan penting agar program kerja terus berjalan sesuai harapan karena ada beberapa indikator penilaian kualitas PT yang mengacu pada keberadaan mahasiswa internasonal pada PT di antaranya akreditasi prodi dan kemahasiswaan (simkatmawa) yang memerlukan jumlah mahassiwa internasional minimal 5 – 10% dari total student body.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar peserta kegiatan dari internal UAD dan dari PT di luar UAD dapat tetap menyelenggarakan kegiatan pertukaran mahasiswa internasional melalui media daring,” ucapnya.

UAD

BERITA REKOMENDASI