Danais Fasilitasi Pentas Budaya Hingga Bantu Sembako Pelaku Seni di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY melalui dukungan Dana Keistimewaan (Danais) 2021 telah menggulirkan fasilitasi pentas budaya dan pembinaan sanggar secara daring kepada para pelaku seni budaya di DIY yang terdampak pandemi Covid-19. Selain itu, pihaknya siap menyalurkan bantuan sembako dengan target sekitar 5.000 sasaran penerima dari kalangan pelaku seni dan budaya di DIY.

Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho mengatakan Pemda DIY telah mengalokasikan anggaran Danais untuk fasilitasi pentas budaya sebesar Rp 2,7 miliar dan pembinaan sanggar sebesar Rp 2,8 miliar pada tahun ini. Alokasi Danais 2021 telah dipersiapkan masuk dalam anggaran program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu dalam hal ini Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayan baik di tingkat provinsi mapun kabupaten/kota se-DIY.

“Kami sudah memfasilitasi pentas budaya atau event-event budaya secara daring supaya pelaku seni dan budaya tetap bisa berkegiatan selama pandemi. Dari alokasi Danais yang diberikan dalam anggaran reguler kepada Disbud sebesar Rp 2,7 miliar pada 2021, kurang lebih sudah ada 333 event atau kegiatan yang telah difasilitasi sejak awal 2021 sampai saat ini,” kata Aris kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Jumat (3/9/2021).

BERITA REKOMENDASI