Danais Rp 50 Juta ke Desa Jangan Sampai Diselewengkan, Warga Harus Awasi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Jogja Corruption Watch (JCW) meminta warga untuk mengawasi pemerintahan desa/kalurahan terkait penggunaan Dana Keistimewaan (Danais) yang dialokasikan Rp 50 juta untuk penanganan dampak Covid-19 di setiap desa. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan penyelewengan yang dilakukan oleh oknum yang ingin mengeruk keuntungan.

Aktivis JCW, Baharuddin Kamba mengharapkan saat ini dana Rp 50 juta untuk segera dicairkan untuk mengurai masalah kesehatan, serta sosial ekonomi di masyarakat. “Pertama jelas kami minta segera dicairkan karena masyarakat sangat membutuhkan, hampir semua terdampak,” tegas Kamba, Senin (2/8/2021).

Di sisi lain, JCW juga meminta warga mengawasi pengalokasian dan peruntukan dana tersebut. Terlebih, dana itu sangat mungkin dikaitkan dengan kepentingan tertentu mengingat cukup banyak desa yang akan menggelar pemilihan lurah dalam waktu dekat.

“Pengawasan Rp 50 juta itu menjadi suatu hal harus dilakukan oleh masyarakat. Hal ini penting agar dana tersebut tidak diselewengkan. Selain itu jangan sampai tumpang tindih dengan bantuan yang sudah ada. Penggunaan dan pertangjawabannya harus jelas yang pasti dirasakan masyarakat terdampak,” tegas Kamba.

BERITA REKOMENDASI