Danais untuk Covid, PDI Perjuangan Sarankan Pemda Lakukan Hal Ini

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY mendesak Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan dana keistimewaan (Danais) dalam penanganan covid-19 dalam perubahan APBD 2021 yang akan segera dibahas bersama DPRD. Hal ini didasari pertimbangan bahwa kondisi penyebaran covid-19 belum menunjukkan gejala penurunan bahkan dalam beberapa hari terkhir cenderung naik eskalasinya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY, Dwi Wahyu Budiantoro menjelaskan bahwa kondisi darurat Covid-19 ini harus disikapi pemerintah dengan mengambil langkah yang inovatif dan didukung penganggaran memadai melalui perubahan APBD 2021 dengan memanfaatkan Dana Keistimewaan DIY.

Kendala-kendala yuridis formal dalam pengalokasian Dana Keistimewaan untuk penanganan Covid-19 harus kita atasi dengan melakukan komunikasi intensif antara pemerintah daerah dengan DPRD serta konsultasi ke Pemerintah Pusat.

“Kami yakin pemerintah pusat akan menyetujui usulan penggunaan Dana Keistimewaan DIY untuk penanganan Covid-19 jika dikomunikasikan dan direncanakan dengan baik. Alokasi dana keistimewaan DIY tersebut dapat dapat dipergunakan untuk mengatasi kekurangan fasilitas kesehatan yang ada di DIY karena melambungnya jumlah warga masyarakat yang terpapar dan membutuhkan penanganan segera,” ungkap Dwi Wahyu melalui siaran tertulis, Minggu (11/7/2021).

BERITA REKOMENDASI