Danone Indonesia Dorong Peternak Muda Mulai Bergerak

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJogja.com – Susu segar merupakan salah satu komoditi yang memiliki potensi dikembangkan.

Menurut Kementerian Pertanian, konsumsi rata-rata susu segar saat ini sebesar 11,09 liter perkapita pertahun dan masih di bawah target konsumsi 20 liter perkapita pertahun. Hal tersebut menjadi peluang bagi peternak untuk mengembangkan susu sapi perah di Indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 270 juta jiwa.

Saat ini kebutuhan Susu Segar Dalam Negeri (SSDN) hanya mampu dipenuhi sekitar 20 persen saja. Sisanya masih menggantungkan impor.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, menyatakan peternak perlu mendapatkan pengetahuan terbaru tentang bagaimana mengelola peternakan lebih efektif dan efisien serta menghasilkan produk yang baik.

“Peternakan yang efektif dalam pengelolaan kandang dan limbahnya tentu akan berdampak pada kualitas susu yang dihasilkan,” terang Karyanto saat pelatihan untuk peternak muda milenial di lingkar Merapi yaitu Boyolali, Yogya dan Klaten yang digelar Danone Indonesia.

“Kami tidak bergerak sendiri, LPTP Surakarta kami gandeng sebagai mitra pelaksana untuk pendampingan peternak,” tambah Karyanto.

BERITA REKOMENDASI