Dekatkan Danais, Pemda DIY Siapkan Bantuan Hibah Bagi UMKM Non Koperasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY diminta segera melakukan aktivitas pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial termasuk semakin mendekatkan Dana Keistimewaan (Danais) kepada masyarakat DIY pasca penyaluran hibah kepada koperasi dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kalurahan belum lama ini.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X sehingga dilakukan kembali perubahan setelah sebelumnya melakukan pencermatan hasil efisiensi atau refocusing Danais 2021 sebesar Rp 80,1 miliar yang dipergunakan penanggulangan Covid-19 di DIY.

Perubahan Danais 2021 ini tengah dimatangkan saat ini yang akan dipergunakan bagi hibah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) non koperasi yang terdampak kebijakan PPKM. Demikian disampaikan Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho kepada KR di Gedhong Pracimosono, Kamis (2/9/2021). Pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY tengah menyiapkan upaya pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial melalui beberapa aktivitas yang memang bisa dilakukan secepatnya.

“Skenarionya kami mencoba dari tingkat regulasi yang ada untuk memberikan bantuan kepada pelaku UMKM yang tidak bergabung di koperasi. Sebab muncul pertanyaan nasib pelaku UMKM non koperasi pasca hibah Danais koperasi disalurkan. Sesuai arahan Pak Gubernur, maka kami tengah mengupayakan adanya hibah bagi UMKM non koperasi yang dapat disinkronkan lebih luas lagi untuk pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial yang bisa menjadi bagian keterpaduan,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI