Dekatkan Danais, Pemda DIY Siapkan Bantuan Hibah Bagi UMKM Non Koperasi

Berkaitan strategi pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial bagi UMKM di DIY, Pemda DIY akan menyasar UMKM yang belum memperoleh bantuan dan memenuhi kriteria antara lain harus berbadan hukum atau surat keterangan terdaftar bisa melalui forum komunitas, asosiasi, paguyuban dan sebagainya. Lembaga inilah yang diharapkan bisa segera berkoordinasi dengan Diskop UKM Kabupaten/Kota se-DIY lalu diusulkan ke Pemda DIY yang akan melakukan verifikasi. Proses ini harus cepat dan tepat sasaran, maka kami meminta proses yang dilalui ada tingkat kejujurannya.

Aris meminta agar kelompok-kelompok UMKM yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah agar segera mengajukan secepatnya kepada Pemda DIY melalui OPD yang menangani dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Pariwisata (Dispar) baik di DIY maupun Kabupaten/Kota. Harapan apabila data sudah diperoleh dari Kabupaten/Kota kemudian akan di verifikasi Pemda DIY sehingga yang dianggap layak dan belum pernah mendapatkan akan menjadi prioritas mendapatkan bantuan hibah tersebut.

“Bantuan ini murni hibah, alias berbeda dengan hibah koperasi karena tidak perlu ada pengembalian. Hal ini menjadi stimulus bagi proses pemulihan ekonomi UMKM yang ada. Jadi UMKM yang belum mendapatkan bantuan agar segera berdaya yang akan dilakukan Dinas Koperasi dan UKM. Karena ada keterbatasan anggaran, kisaran hibah bagi UMKM antara Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta setiap orang nantinya. Totalnya baru proses hitung harapan kami bisa secepatnya,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI